Minggu, 12 Februari 2017

BOROS DI UMUR TAPI HEMAT DI MUKA (PENAMPILAN SELEBRITY)


Oleh Mochtar M
Ira Kusno, Moderator debat Cagub-Cawagub DKI kemarin tidak menyembunyikan umurnya yang sudah 47 tahun tapi penampilannya seperti wanita yang masih berusia di bawa 30 tahun.
Dalam mata kuliah yang saya ajarkan di kampus yaitu mata kuliah Pemahaman Lintas Budaya (Cross Culture Understanding), diajarkan agar jika bertemu dengan orang asing terutama dari masyarakat barat (Western Society), jangan pernah bertanya hal-hal yang bersifat privat termasuk jangan pernah menanyakan usia seseorang karena dianggap sensitif dan bisa menyinggung persaan mereka.
Namun, sebaliknya jika anda memuji seseorang dalam budaya barat misalnya anda katakan bahwa orang tersebut kelihatan awet muda bukanlah merupakan sesuatu yang sensitif tapi sebaliknya merupakan suatu sanjungan yang apresiatif dan positif.
Waktu berlalu dengan cepat seiring usia bertambah. Umur seseorang tak dapat diputar balik seperti jarum jam tapi penampilan seseorang bisa mengelabui status usia yang sebenarnya sehingga terkadang kita bisa terkecoh dengan penampilan seseorang yang selalu kelihatan awet mudah atau sebaliknya penampilan seseorang yang kelihatan lebih tua.
Dulu pernah ada sebuah plesetan dari seorang teman yaitu boros di umur tapi hemat di muka atau sebaliknya boros di muka tapi hemat di umur.
Ahmad Albar, seorang musisi legendaris yang kini berusia 72 tahun tapi penampilan dan wajahnya seperti seorang yang berusia 40 tahun. Dari penampilan dan wajahnya kelihatan hemat 32 tahun. Walaupun akhir-akhir ini kelihatan raut wajah yang mulai dimakan usia seiring umur bertambah tentu tak dapat dipungkiri lagi.
Rata-rata seniman atau musisi sering berpenampilan awet muda. Mungkin karena mereka selalu dalam kehidupan yang banyak diwarnai dengan aktivitas hiburan dan sering jauh suasana stress. Mereka banyak memiliki teman, relasi dan fans yang selalu memberi motivasi dan inspirasi.
Mungkin dengan penghasilan yang cukup banyak, mereka mampu merawat tubuh mereka melalui asupan gizi dan obat-obatan yang bisa membantu agar penampilan mereka tetap fit, kelihatan enerjetik dan awet mudah.
Namun sebaliknya, musisi atau seniman yang terindikasi pengguna Narkoba dan alkoholik berat tentu penampilan mereka beda. Dan apalagi jika rentan dengan stress akibat bisnis shownya mulai sepi dan ada konflik dengan manjemen.
Juga apalagi jika seorang musisi kurang istirahat, rentan stress dan kurang mengkonsumsi makanan dan minuman yang berserat dan sehat tentu akan memiliki penampilan yang diistilahkan terbalik yaitu boros di muka (penampilan) walaupun hemat di umur.
Pada umumnya seorang musisi rocker dan pedangdut memiliki penampilan yang kelihatan macho, atletis dan sexy.
Walaupun mereka jarang berolahraga secara teratur, di saat konser atau show mereka sering nyangi sambil goyang joget sehingga penampilan mereka selalu kelihatan fit dan awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar