Selasa, 03 November 2015

MEMAKNAI SEMANGAT SUMPA PEMUDA


Oleh: Mochtar Marhum
87 tahun yang lalu pemuda dari berbagai wilayah di hampir seluruh penjuru nusantara telah menyadari penting persatuan dan kesatuan bangsa.

Bisa dibayangkan ketika teknologi informasi belum secanggi sekarang dan ketika alat transportasi publik fasilitasnya belum sebaik yang ada sekarang dan demikian juga ketika media massa seperti TV, Radio, Surat Kabar, Tabloid dan Majala belum tersedia seperti saat sekarang. Hanya bermodaltekad dan semangat untuk menyatukan bangsa Indonesia pemuda saat itu mampu melahirkan semangat persatuan bangsa.

Namun, ironisnya di Era kemerdekaan semangat persatuan dan kesatuan bangsa justru secara perlahan mulai luntur. Kasus tawuran pelajar, perkelahian antara kampung dan kasus pemuda geng motor serta kasus konflik sosial yang di dalamnya terlibat pemuda bisa mengancam runtuhnya fondasi persatuan Bangsa.


Nilai-nilai Sumpa Pemuda harus menjadi inspirasi dan semangat untuk tetap memelihara dan meningkatkan semangat persatuan dan keasatuan bangsa. Jauh lebih penting mengamalkan Nilai-nilai dan semangat Sumpa Pemuda dari pada hanya sekedar menghapalkannya.

Mengucapkan Selamat Hari Sumpa Pemuda Ke-87 semoga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terpelihara dengan baik. Salam Persatuan Indonesia Raya ingat Torang Samua Basudara walaupun berbeda Suku dan agama, berbeda pendapat dan pendapatan kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar