Selasa, 03 November 2015

GENAP SETAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK


Oleh: Mochtar Marhum
Kemarin genap setahun pemerintahan Jokowi JK dan ada berbagai ragam penilaian dan evaluasi kinerja pemerintahan. Ada yang pesimis dan ada juga yang tetap optimis.Tahun lalu jelang pelantikan dan pasca pelantikan Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI, ada sejumlah pengamat politik dan aktivis yang melontarkan statemen dan pedapat yang berkonotasi pesimistis. Mereka ada yang memprediksikan bahwa pemerintahan Jokowi-JK tidak akan bertahan sampai setahun. Namun, prediksi mereka ternyata meleset dan bahkan peta politik koalisi mulai secara perlahan berubah seiring waktu dan kin ada dua kekuatan dari kubu Koalisi Merah Putih yang secara eksplisit telah menyatakan dukungannya kepada Pemerintahan Jokowi-Jk.

Lembaga Survey Polltracking merilis hasil surveynya yang mana cukup mengejutkan karena lebih dari separuh masyarakat Indonesia tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Jk. Namun, hasil yang lebih menjanjikan dan tetap optimis justru ditunjukkan oleh hasil survey Saiful Mujani yang menilai Kinerja Jokowi-jk justru lebih baik dari hasil survey Polltracking.

Harus diakui sejak perang dunia pertama sampai Era Millineum tidak ada satupun di dunia ini ditemukan pemerintahan yang terbaik atau tidak ditemukan cacatnya satupun walaupun terdapat negara-negara yang indeks persepsi korupsi paling rendah di dunia, ada negara-negara yang paling menjunjung tinggi nilai-nilai Demokrasi dan HAM, ada negara-negara yang paling punya perhatian terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup dan negara-negara yang mampu menjamin kesetaraan pendidikan dan punya perhatian dengan kesetaraan gender serta negara-negara makmur yang mampu memberikan jaminan sosial kepada rakyatnya.!
Demokrasi menuntut keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan pembangunan. Kritikan konstruktif pembangunan dari masyarakat terhadap kebijakan pemerintah itu wajib dilakukan agar roda pemerintahan selalu berjalan di rel yang benar. Sebagai pemangku kepentingan dalam pemerintahan (stakeholders) dan sebagai pelaksana konstintusi (constituent), rakyat wajib mengawal jalannya roda pemerintahan dan wajib mengkritisi kebijakan pemerintah jika menyimpang dari Nawacita, visi dan misi pemerintah tapi juga sekaligus wajib memberikan solusi terhadap setiap masalah yang dihadapi pemerintahan.

Setiap Pemerintahan di dunia ini pasti punya kelebihannya dan kelemahannya tapi alangkah elok, fair dan bijaksananya jika kita bisa menilai pemerintahan dengan menggunakan analisa SWOT yaitu kita tidak hanya melihat kelemahan atau kekurangannya program dan kebijakan pememerintah tapi juga mampu menilai kelebihan atau prestasi yang telah dicapai pemerintah selama ini serta melihat peluang dan tantangan pemerintahan ke depan.

Mengucapakan selamat dan sukses atas genap setahun pemerintahan Jokowi-Jk semoga makin baik dan lebih memperhatikan kesejahteraan rakyat serta mampu menciptkan suasana rasa aman dan damai di tengah masyarakat "Happy Anniversary"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar