Selasa, 25 November 2014

JADILAH GURU YANG MENGINSPIRASI


Oleh: Mochtar Marhum
Jepang pernah hancur oleh Bom Atom waktu perang dunia kedua. Nagasaki dan Hirosima dua kota besar di Jepang hancur berkeping-keping akibat kekejaman perang. Pasca Tragedi pengeboman itu, Kaisar Jepang bukan menanyakan barang-barang yang masih terselamatkan termasuk harta dan aset yg masih tersisa tapi sebaliknya kaisar menanyakan berapa jumlah guru yang selamat dari tragedi tersebut.

Jepang sangat menghargai pendidikan dan menghormati jasa guru sehingga mejadi negara yang maju, makmur dan unggul di berbagai bidang misalnya pernah menjadi negara ekonomi terbesar kedua di dunia. Jepang adalah salah satu bangsa di dunia yang paling menghormati jasa guru. Kisah di atas harus menjadi inspirasi bagi semua bangsa-bangsa yang ingin bangkit dan maju sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang sudah maju.

Malaysia adalah negeri Jiran yang relatif lebih maju dalam beberapa aspek pembangunan. Dulu banyak anak-anak dari Malasyia yang datang ke Indonesia menuntut ilmu di negeri ini. Pada waktu itu sektor pendidikan formal di negeri kita mungkin lebih bisa diandalkan dan pendidikan di Indonesia waktu itu banyak yang memikat minat anak-anak dari negeri jiran. Namun, harus diakui saat ini dalam beberapa bidang tertentu Malaysia relatif lebih unggul dari Indonesia dan terkadang kita merasa miris dan minder dengan prestasi dan pencapaian mereka. Wakil Presiden Jusuf Kalla dulu dengan bangga mengatakan bahwa kita harus bangga dengan pendidikan di Indonesia karena mantan murid SD Menteng Jakarta bisa jadi Presiden negara Adidaya Amerika. Obama dulu pernah bersekolah di SD Menteng Jakarta mengikuti orantuanya waktu itu. Mungkin sebaiknya Indonesia berbangga karena sebenarnya guru yang baik adalah guru yang menginspirasi dan berhasil mendidik muridnya mejadi relatif lebih maju. Dan itulah prestasi guru Indonesia yang pernah mendidik murid-muridnya dari luar negeri.

Harus diakui bahwa Pendidikan adalah pintu Gerbang menuju Kecerdasan dan peradaban bangsa yang maju. Profesi pendidik adalah salah satu profesi yang paling mulia di dunia. Murid yg baik adalah mereka yg lebih banyak mengingat Jasa Gurunya ketimbang Ijasa sekolahnya. Guru yg baik ialah guru yang menyenangkan, mencerahkan dan menginspirasi.

Hari ini kita memperingati hari guru. Saya ingin mengucapkan "Selamat Hari Guru buat Semua Sahabat-sahabat yang berprofesi Pendidik". Semoga ilmu pengetahuan dan jasa guru mendidik bangsa ini bisa menjadi cahaya yang akan terus meberi kedamaian dan dapat menerangi masa depan negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar